Monday, June 28, 2010

Late Twenties

Sobekan kalender di hari saya lahir.

Julie Powell dalam Julie & Julia mempunyai kekhawatiran ketika akan memasuki umur tiga puluh. Ia bekerja di dalam kubikel kecil dan harus menjawab telepon dari klien-klien yang kasar. Lantas Julie menemukan semangat baru dengan membuat The Julie & Julia Project, yaitu proyek pribadi untuk memasak semua resep Julia Child dalam 1 tahun, dan menulis blog tentang itu.

Saya mungkin masih punya empat tahun lagi sebelum berumur tiga puluh. Tapi saya punya kekhawatiran yang sama. Saya merasa ada banyak hal yang harus dilakukan sebelum umur tiga puluh. Dan ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan sesuatu di umur tiga puluhan. Dan yang terparah adalah, saya merasa belum melakukan apa-apa selama 26 tahun ini.

Mungkin saya sudah membuat beberapa film pendek dan sudah empat tahun berturut-turut hadir di festival film pendek nasional terbesar, dan sudah bekerja selama hampir empat tahun juga di dua perusahaan IT consulting besar. Tapi saya merasa seharusnya bisa lebih dari itu dan masih terlalu banyak menyia-nyiakan waktu. Mungkin membuat target jangka pendek dan deadline memang perlu. Seperti yang Julie lakukan dengan membuat The Julie & Julia Project. Dia tahu berapa hari yang tersisa dan berapa resep yang masih harus dibuat.

Kaos berwarna KNVB bertuliskan tanggal ulang tahun.

Bicara tentang target jangka pendek, sebetulnya saya sedang behind schedule cukup parah. Biasanya di bulan-bulan ini saya sudah selesai shooting film pendek dan tinggal mengedit, atau bahkan tinggal menyiapkan copy film untuk dikirimkan ke festival. Namun tahun ini progres saya masih nol. Cerita belum ada, pemain belum ada, apalagi skenario.

Tentang pekerjaan (sejauh ini film pendek adalah hobi), saya juga sedang berusaha untuk keluar dari zona nyaman dengan meninggalkan pemrograman (mungkin untuk sejenak). Banyak orang akan menganggap ini langkah bodoh, karena saya akan mulai dari nol dan dianggap anak baru lagi. Tapi saya merasa ini penting. Memperluas pengetahuan saya rasa sama pentingnya dengan memperdalam pengetahuan.

Akhirnya saya cuma bisa berharap dan berusaha agar kedua dunia ini bisa berjalan beriringan dan saling memberi jalan. Mungkin fokus terpecah tapi sepertinya itu yang terbaik untuk saat ini. Dan saya harap blog saya bisa seterkenal blog The Julie & Julia Project milik Julie Powell.

Here comes my late twenties!

2 comments:

  1. All the best pasutra!! You have the talent!! Siapa bilang itu langkah bodoh?? Go and ask him/her, "How do you know my future??".

    ReplyDelete
  2. Dont forget to start the project!
    GO!

    ReplyDelete